Rabu, 06 April 2011

LTE?Apa'an sih?

Assalamualaikum,dan salam sejahtera buat smuanya yaaa… ! makasih, uda disempet-sempetin liat bahkan baca artikel-artikel yang mungkin sedikit bermakna buat kita semua ini..ehehehe.
Kali ini Dyas bakal ngebahas masalah Teknologi Networking terkini.. Berbicara masalah teknologi, memang saat ini sangat dibutuhkan oleh masyarakat daari berbagai kalangan, termasuk kita-kita ini, kebutuhan akan IP (Internet Protocol) sepertinya tidak akan ada habisnya deh. perkembangan paling terasa mungkin saat ini yakni tentang teknologi internet dalam sebuah ponsel, maraknya Smartphone pada saat ini sangat menunjang bagi kebutuhan internet kita dalam sebuah genggaman, katanya Pak Dosen sih ibarat “Dunia di Genggaman” ahahaha.  Hal itu yang membuat teknologi internet pun semakin berkembang pesat khususnya dalam operator telepon, sobat-sobat! Dan hal itu yang membuat Kualitas layanan berbasis IP melalui telepon seluler sangat ditentukan besarnya bandwidth. Abis ada teknologi 3G yang sanggup memberikan akses hingga 2,4 Mbps, karena kebutuhan akan layanan internet yang semakin dibutuhkan dan sudah menjadi kebutuhan pokok maka telah dipersiapkan infrastruktur dari teknologi baru di dunia celuler yaitu Long Term Evolution (LTE) yang sanggup melakukan transfer hingga ratusan Mbps…wooooww!
 LTE ini uda dalam standar 3GPP (Third Generation Partnership Project) Release 8 dan juga merupakan evolusi teknologi 1xEV-DO sebagai bagian dari roadmap standar 3GPP2. Tau ga?Teknologi ini diklaim dirancang untuk menyediakan efisiensi spektrum yang lebih baik, peningkatan kapasitas radio, latency dan biaya operasional yang rendah bagi operator serta layanan mobile broadband kualitas tinggi untuk para pengguna,jadi gaperlu diraguin lagi kualitasnya kan?
Di masa mendatang, pengguna dijanjikan akan dapat melakukan download dan upload video high definition dan konten-konten media lainnya, mengakses e-mail dengan attachment besar serta bergabung dalam video conference dimanapun dan kapanpun. LTE mempunyai kualitas bagus dalam melakukan service penyiaran, dengan biaya yang lebih rendah dan efektif. Dengan LTE, memungkinkan para user maupun subscribers menikmati beragam media (multimedia), seperti musik, internet, film, sampai game dalam satu peralatan yang saling terhubung menjadi satu. Dan paling penting berbiaya rendah. Hehhehehe. Tak hanya itu, data semakin bertambah dari waktu ke waktu dan kebutuhan user untuk berkomunikasi semakin meningkat dan banyak. Semuanya itu dapat diatasi oleh LTE yang mempunyai layanan kapasitas gigabytes di atas semuanya.
Teknologi LTE sendiri merupakan pengembangan teknologi dari aplikasi GSM dan CDMA yang sudah ada di Indonesia saat inil oooo! Bila pada GSM (2G), berevolusi menjadi GPRS (2,5G), yang dilanjutkan dengan EDGE, serta EDGE Evolved. Maka di WCDMA (3G), berevolusi menjadi HSPA (3,5G) dan HSPA+, maka solusi berikutnya adalah penggunaan Ke depan, target peningkatan kualitas LTE adalah mempunyai rataan data tinggi seperti downlink lebih besar dari 100 Mbps, uplink lebih dari 50 Mbps, serta cell-edge data rates 2 sampai 3 kali HSPA Relay 6. Itu masih ditambah dengan tingkat delay LTE yang rendah, karena user plane RTT lebih kecil dari 10 ms, dan channel set-up lebih rendah dari 100 ms.
Begitulah sedikit inpo yang bisa Dyas bagi’in mengenai teknologi jaringan masa depan di dunia internet ..meskipun belum tau banyak soal ini,tapi paling tidak kita uda mengenal,dan sama-sama belajar dan tau yang terbaik sesuai kemampuan kita,ehehehe..sampai jumpaaa di artikel slanjutnya..GodBlessUs :**

Tidak ada komentar:

Posting Komentar